SeGaLa SeSuaTu YaNg KiTa TeMuI AdAlaH PenGeTaHuN, EnTaH BaIk AtAu BuRuK TeRgAnTuNg PaDa DiRi KiTa SeNdIrI

Pengertian Gaya Gerak Listrik (GGL)

Pengertian Gaya Gerak Listrik (GGL). GGL atau Gaya gerak listrik merupakan perubahan dari suatu bentuk energi ke bentuk energi listrik. Besar gaya gerak listrik dari suatu sumber secara kuantitatif dapat diartikan sebagai energi setiap satuan muatan listrik yang melalui sumber itu. 

Definisi Gaya Gerak Listrik (GGL)

Pengertian gaya gerak listrik adalah beda potensial antara ujung penghantar sebelum dialiri arus listrik. Gaya gerak listrik (GGL) dengan satuan volt. Gaya gerak listrik adalah merupakan energi yang diberikan pada setiap muatan listrik untuk bergerak antara dua kutub baterai atau generator. Sebuah elektron-elektron bermuatan e yang bergerak dari kutub negative ke kutub positif melalui konduktor di luar baterai dengan gaya gerak listrik sebesar V, akan mendapat energy sebesar e x V joule.

Apabila Sejumlah arus Keluar dari baterai, maka tegangan akan turun, agar tegangan ini tetap ada, maka harus ada sumber energi. Energi dikeluarkan inilah yang disebut gaya gerak listrik (GGL).

Secara singkat, gaya gerak listrik adalah energi persatuan muatan. Gaya gerak listrik sebuah sumber ditulis dengan simbol. Jika muatan yang digerakkan itu adalah dQ dan usaha yang dibutuhkan dW, maka diperoleh hubungan :

Pengertian Gaya Gerak Listrik (GGL)

Satuan GGL (e) dapat diperoleh dari hubungan persamaan diatas. Jika anda coba turunkan untuk mencarinya, anda akan peroleh bahwa satuan GGL adalah J/C atau Volt. Pada saat penghantar dihubungkan dengan GGL, maka GGL ini ikut dialiri arus listrik (i) sehingga dalam sumber ini timbul tegangan ini disebut tegangan dalam sumber diberi simbol Vs, menurut hukum Ohm dapat dinyatakan bahwa :

Pengertian Gaya Gerak Listrik (GGL)

Sumber GGL ini mengubah energi kimia, mekanik dan bentuk energi lainnya menjadi energi listrik. Contohnya baterai dan generator.

Pada dasarnya sumber GGL itu segala jenis alat yang muatan positif ama negatifnya terpisah. Kedua ujung dari alat tersebut di sebut terminal. Muatan positif ya numpuknya di terminal positif, sementara muatan negatif, tentunya di terminal negatif. Terminal positif namanya anoda. Terminal negatif namanya katoda 

Gaya gerak listrik ini mendorong elektron dari potensial rendah kepotensial tinggi. Didalam sumber GGL aliran muatan mengalir dari daerah berpotensial rendah kedaerah potensial tinggi.
.
0 Komentar untuk "Pengertian Gaya Gerak Listrik (GGL)"
Gimana Menurut Anda apakah Sudah Sesuai....?
Tanggapan.....:
Back To Top