SeGaLa SeSuaTu YaNg KiTa TeMuI AdAlaH PenGeTaHuN, EnTaH BaIk AtAu BuRuK TeRgAnTuNg PaDa DiRi KiTa SeNdIrI

Pengertian GEN, Karakteristik Serta Fungsi Dan Strukturnya

Pengertian GEN, Karakteristik Serta Fungsi Dan Strukturnya. Apa Yang Dimaksud Dengan GEN....? Suatu gen digambarkan sebagai unit penurunan sifat yang memiliki ciri-ciri tersendiri yang mempengaruhi karakter fenotipik. Para Ahli menempatkan gen-gen seperti itu pada lokus-lokus tertentu di dalam kromosom Dimana ahli- ahli genetik menggunakan lokus sebagai nama lain untuk gen. Berikut adalah penjelasan tentang seputar pengertian GEN, Karakteristik Gen, Fungsi Gen Dan Struktur GEN.

Definisi GEN

Seperti Dikutip Dari Wikipedia Pengertian Gen adalah unit pewarisan sifat bagi organisme hidup. Bentuk fisiknya adalah urutan DNA yang menyandi suatu protein, polipeptida, atau seuntai RNA yang memiliki fungsi bagi organisme yang memilikinya. Batasan modern gen adalah suatu lokasi tertentu pada genom yang berhubungan dengan pewarisan sifat dan dapat dihubungkan dengan fungsi sebagai regulator (pengendali), sasaran transkripsi, atau peran-peran fungsional lainnya. Penggunaan "gen" dalam percakapan sehari-hari (misalnya "gen cerdas" atau "gen warna rambut") sering kali dimaksudkan untuk alel: pilihan variasi yang tersedia oleh suatu gen. Meskipun ekspresi alel dapat serupa, orang lebih sering menggunakan istilah alel untuk ekspresi gen yang secara fenotipik berbeda. Gen diwariskan oleh satu individu kepada keturunannya melalui suatu proses reproduksi, bersama-sama dengan DNA yang membawanya. Dengan demikian, informasi yang menjaga keutuhan bentuk dan fungsi kehidupan suatu organisme dapat terjaga.

Secara Umum Gen adalah suatu daerah DNA yang produk akhirnya bisa suatu polipeptida atau bisa juga suatu molekul RNA.

Karakteristik Gen

  1. Sebagai zarah tersendiri yang terdapat dalam kromosom.
  2. Mengandung informasi genetik.
  3. Dapat menduplikasi diri saat terjadi pembelahan sel.
  4. Dapat menduplikasi diri saat terjadi pembelahan sel.
  5. Mempunyai tugas khusus sesuai fungsinya.
  6. Kerjanya ditentukan oleh susunan kombinasi basa nitrogennya.

Fungsi Gen

  1. Menyampaikan informasi genetik dari generasi kegenerasi.
  2. Mengontrol dan mengatur metabolisme dan perkembangan tubuh. Proses reaksi kimia dalam tubuh dapat terjadi secara Proses reaksi kimia dalam tubuh dapat terjadi secara berurutan. Pada setiap tahap reaksinya diperlukan enzim. Pembentukan dan pengontrolan kerja enzim tersebut dilakukan oleh gen. Pada proses perkembangan yang memerlukan hormon juga diatur oleh gen
  3. Menentukan sifat-sifat pada keturunannya

Struktur gen

Pada sel eukariot, gen terdiri dari:
  1. Domain regulasi inisiasi transkripsi, yang terdiri antara lain dari: deret GCCACACCC, ATGCAAAT, kotak GC, kotak CCAAT dan kotak TATA.
  2. Intron
  3. Ekson, merupakan area kodikasi protein yang dapat ditranskripsi secara overlapping atau nonoverlapping. Sebagai contoh, pada kode dengan tiga deret nukleotida (kodon triplet) AUU GCU CAG, dapat secara dibaca nonoverlapping sebagai AUU GCU CAG atau dibaca secara overlapping sebagai AUU UUG UGC GCU CUC CAG. Walaupun pada sekitar tahun 1961, telah diketahui bahwa asam amino dikodikasi oleh kodon secara nonoverlapping, telah ditemukan protein berbeda hasil transkripsi dengan pergeseran overlapping kodon.
  4. Domain regulasi akhir transkripsi
0 Komentar untuk "Pengertian GEN, Karakteristik Serta Fungsi Dan Strukturnya"
Gimana Menurut Anda apakah Sudah Sesuai....?
Tanggapan.....:
Back To Top