SeGaLa SeSuaTu YaNg KiTa TeMuI AdAlaH PenGeTaHuN, EnTaH BaIk AtAu BuRuK TeRgAnTuNg PaDa DiRi KiTa SeNdIrI

Pengertian Kebutuhan dan Golongannya

Pengertian Kebutuhan dan Golongannya. Kebutuhan merupakan salah satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalam aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar (alasan) berusaha. Pada dasarnya,manusia bekerja mempunyai tujuan tertentu,yaitu memenuhi kebutuhan. Oleh karena itu Kebutuhan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. Selama hidup manusia membutuhkan bermacam-macam kebutuhan.


Definisi Kebutuhan

Menurut Morris dalam the American heritage dictionary yang menjelaskan bahwa �need is a condition or situation in which something necessary or desirableis required or wanted� yang menjelaskan bahwa kebutuhan adalah keadaan atau situasi yang mana di dalamnya terdapat sesuatu yang perlu atau ingin di penuhi. Sesuatu yang ingin dipenuhi itu dianggap perlu, penting, atau harus dipenuhi dengan segera.

Menurut Burton dan Merrill kebutuhan adalah perbedaan (discrepancy) antara suatu kenyataan yang seharusnya ada dengan suatu kenyataan yang ada pada saat in.

Golongan Kebutuhan

Berikut adalah Penggolongan klasifikasi kebutuhan yang antara lain adalah
  1. Kebutuhan normative, (normative need), Kebutuhan ini timbul apabila seseorang atau suatu kelompok orang berada dalam keadaan dibawah suatu ukuran (standar) yang telah ditetapkan.
  2. Kebutuhan yang dinyatakan (expressed need), Kebutuhan yang dinyatakan adalah hampir sama dengan keperluan (demand) dalam konsep ekonomi. Sebagai missal, bahan baker kendaraan yang menjadi kebutuhan terasa bagi seseorang akan menjadi kebutuhan yang dinyatakan apabila orang itu sedang antri untuk membeli bahan baker di tempat penjualan bahan bakar tersebut. Kebutuhan yang dinyatakan dapat pula diidentifikasi melalui wawancara atau kuesioner dengan seseorang atau kelompok orang.
  3. Kebutuhan bandingan (comparative need). Kebutuhan ini akan timbul apabila karakteri stik suatu populasi yang tidak menerima suatu layanan dalam keadaan hampir sama dengan karakteristik populasi lain yang memperoleh layanan.
  4. Kebutuhan yang diantisipasi atau kebutuhan masa depan (anticipated or future need). Kebutuhan ini  adalah kebutuhan yang diproyeksikan pada kepentingan masa depan.
Sumber
https://id.wikipedia.org/wiki/Kebutuhan
serta dikutip dari berbagai sumber
0 Komentar untuk "Pengertian Kebutuhan dan Golongannya"
Gimana Menurut Anda apakah Sudah Sesuai....?
Tanggapan.....:
Back To Top