SeGaLa SeSuaTu YaNg KiTa TeMuI AdAlaH PenGeTaHuN, EnTaH BaIk AtAu BuRuK TeRgAnTuNg PaDa DiRi KiTa SeNdIrI

loading...

Prinsip 10/90

Permasalahan kadang timbul akibat dari kesalahan kita sendiri dalam bereaksi, Bagaimana dg Anda?

Prinsip 10/90

10% dari hidup anda terdiri dari apa yang terjadi terhadap Anda. Kita tidak punya kendali atas 10% ini 90% dari hidup anda ditentukan oleh bagaimana Anda bereaksi. 90% Andalah yang paling menentukan sikap anda.Bagaimana? ………. Dengan reaksi Anda.Prinsip ini akan merubah hidup Anda (setidaknya merupakan jalan bagaimana Anda bereaksi terhadap segala situasi).Apakah yang dimaksud prinsip ini?
Apa artinya ini ? Kita benar-benar tidak punya kendali atas 10% dari apa yang terjadi terhadap kita.Kita tidak bisa menghentikan mobil dari yang kecelakaan. Pesawat datang terlambat, padahal sudah mengikuti jadwal yang telah di tetapkan. Pengemudi kadang memotong jalur kita saat berlalu lintas.Anda tidak bisa mengendalikan suatu lampu lalu lintas. tetapi Anda dapat mengendalikan reaksi Anda. Jangan biarkan orang-orang mengelabuhi Anda; tetapi Anda dapat mengendalikan bagaimana Anda bereaksi.Mari kita gunakan suatu contoh. Anda sedang sarapan dengan keluarga Anda. Secara tidak sengaja, putri Anda menyenggol dan menumpahkan secangkir kopi ke atas baju kerja Anda. Anda tidak punya kendali atas apa yang baru saja terjadi. Apa yang terjadi berikutnya akan ditentukan oleh bagaimana Anda bereaksi.Anda menggerutu, marah.Anda dengan kasar mengomeli putri Anda untuk menggunakan penutup cangkir. Dia mulai menangis. Setelah mengomelinya, Anda berbalik ke istri Anda dan mengkritiknya karena menempatkan cangkir di tepi meja. Berikutnya akan terjadi adu mulut dengan istri Anda. Anda sambil menggerutu menuju lantai atas dan mengganti kemeja Anda. Kembali ke lantai bawah, Anda dapati putri Anda tengah sibuk menghabiskan sarapannya dan bersiap untuk berangkat sekolah. Tetapi ia ketinggalan angkutan umum.Istri Anda juga harus segera berangkat kerja. Selanjutnya Anda segera berangkat kerja dan mengemudikan kendaraan dengan mengebut karena Anda harus mengantarkan putri Anda dulu ke sekolahnya. Karena Anda tahu, Anda pasti terlambat, Anda mengemudi dengan melebihi batas aturan kecepatan di jalan raya. Selanjutnya pasti bisa di tebak, Anda diberhentikan oleh Polisi dan menilang Anda.Setelah 15 menit tertunda karena proses tilang, Anda harus membayar tilang sebesar Rp50.000 kepada Polisi tersebut dan segera pergi meninggalkannya. Anda tiba di sekolah. Putri Anda segera melompat dan berlari ke sekolahnya tanpa berpamitan kepada Anda karena kesal telah Anda marahi. Akhirnya Anda sendiri datang di kantor terlambat 20 menit dan Anda baru sadar bahwa Anda ketinggalan tas kantor. Hari Anda berubah menjadi hari yang paling menjengkelkan. Anda tidak betah melakukan pekerjaan seharian karena kejadian yang baru saja Anda alami. Karena Anda masih kesal, maka pekerjaan yang sebenarnya ringan untuk diselesaikan dalam sehari akan berubah seketika menjadi pekerjaan yang sulit untuk diselesaikan dan Anda berharap segera pulang kerumah.Ketika Anda sampai rumah, Anda mendapati bahwa ada sedikit kerenggangan hubungan antara Anda dengan putri dan istri Anda.Mengapa?…. karena disebabkan oleh reaksi Anda atas peristiwa tadi pagi!!!
Mengapa Anda mempunyai hari yang menjengkelkan?
A) Apakah kopi menyebabkan itu?
B) Apakah putri mu menyebabkan itu?
C) Apakah polisi menyebabkan itu?
D) Apakah Anda menyebabkan itu?
Jawabannya adalah “ D".Anda tidak mempunyai kendali atas apa yang terjadi dengan kopi itu. Bagaimana Anda bereaksi dalam waktu 5 detik itulah yang menyebabkan hari yang menjengkelkan bagi Anda.

Sebaliknya:

Di sini adalah apa bisa dilakukan atas apa yang sudah terjadi.Kopi tumpah ke atas kemeja Anda. Putri Anda minta ma’af dan dia menangis. Anda dengan lemah-lembut mengatakan, "Tidak apa-apa sayang …, lain kali lebih hati-hati ya… Papa gak apa-apa kok.... Lalu Anda mengambil handuk menuju lantai atas. Setelah ganti kemeja dan mengambil tas kerja Anda turun, melalui jendela depan rumah Anda melihat putri Anda sudah mendapatkan angkutan umum dan dia balik badan sambil melambai-lambaikan tangannya ke Anda. Anda datang ke kantor 5 menit lebih awal dan dengan gembira menyampaikan salam kepada staff lainnya. Boss Anda akan menafsirkan lain.Apa perbedaannya?Dua skenario yang berbeda. Kedua-duanya dimulai dengan kejadian yang sama. Tetapi kedua-duanya mempunyai akhir yang sangat berbeda.Mengapa? Disebabkan oleh bagaimana Anda BEREAKSI.Anda benar-benar tidak mempunyai kendali apapun atas 10% dari apa yang terjadi dalam hidup Anda. Selebihnya yaitu 90% ditentukan oleh reaksi Anda.
0 Komentar untuk "Prinsip 10/90"
Gimana Menurut Anda apakah Sudah Sesuai....?
Tanggapan.....:
loading...
Back To Top