SeGaLa SeSuaTu YaNg KiTa TeMuI AdAlaH PenGeTaHuN, EnTaH BaIk AtAu BuRuK TeRgAnTuNg PaDa DiRi KiTa SeNdIrI

Sejarah Anatomi

Hari Lahir biologi: 5 - 4 abad SM

Para filsuf Yunani, rakus dalam keingintahuan mereka, melihat ke depan untuk berbagai makhluk hidup, dari yang paling hina dari tanaman untuk manusia. Sebuah nama Yunani ditemukan oleh seorang naturalis Jerman di awal abad 19 untuk studi semua aspek fisik kehidupan alam - biologi, bios (hidup) dan logos (kata atau wacana). Ini adalah topik dengan subdivisi yang jelas, seperti botani, zoologi dan anatomi. Tapi semua prihatin dengan organisme hidup.

Orang pertama yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam biologi adalah Alcmaeon, tinggal di Crotona di abad ke-5. Crotona terkenal pada saat untuk sarjana Pythagoras, tetapi Alcmaeon tampaknya tidak telah berada di sekolah mereka.


Alcmaeon adalah ilmuwan pertama yang diketahui telah berlatih diseksi dalam penelitiannya. Tujuannya adalah tidak anatomi, untuk kepentingan terletak pada mencoba untuk menemukan tempat kecerdasan manusia. Namun dalam perjalanan penelitiannya, ia membuat penemuan-penemuan ilmiah pertama dalam bidang anatomi.

Kemudian teori Yunani, berlangganan bahkan oleh Aristoteles, adalah bahwa hati adalah pusat intelijen. Alcmaeon alasan bahwa karena pukulan ke kepala dapat mempengaruhi pikiran, gegar otak, ini harus di mana alasannya. Dengan bedah mayat untuk mengejar ide ini, ia mengamati bagian-bagian yang menghubungkan otak dengan mata (saraf optik) dan bagian belakang mulut dengan telinga (Eustachio tabung).


Manusia pembedahan makhluk hidup: c.300 SM

Pada awal abad ketiga SM di Alexandria dua dokter bedah, Herophilus dan Erasistratus, membuat studi ilmiah pertama untuk belajar tentang cara kerja anatomi manusia.

Biaya kontribusi mereka terhadap sains akan dianggap terlalu tinggi di zaman modern (mereka mendapatkan banyak informasi mereka dari pembedahan makhluk hidup manusia, pasien menjadi penjahat dihukum). Tapi Celsus, seorang penulis Romawi pada sejarah medis, penuh semangat membenarkan penderitaan penjahat menyediakan "obat bagi orang yang tidak bersalah dari segala usia untuk datang.


Para berpengaruh kesalahan Galen: AD abad ke-2

Para dokter kepala yang baru diangkat dari para gladiator di Pergamum, pada tahun 158, adalah penduduk asli kota. Ini adalah dokter Yunani bernama Galen. Penunjukan memberinya kesempatan untuk mempelajari luka dari segala jenis. Nya pengetahuan tentang otot-otot yang memungkinkan dia untuk memperingatkan pasien tentang kemungkinan hasil dari operasi tertentu - tindakan pencegahan yang bijaksana dianjurkan dalam dewan dokter Galen.

Tapi itu adalah diseksi Galen kera dan babi yang memberikan informasi rinci untuk saluran medis pada organ tubuh. Hampir 100 dari saluran bertahan hidup. Mereka menjadi dasar reputasi besar dalam pengobatan abad pertengahan Galen, tak tertandingi sampai karya anatomi Vesalius.


Melalui eksperimen Galen mampu membalikkan keyakinan lama, seperti teori (pertama kali diusulkan oleh sekolah dari Hippocrates di 400 SM atau lebih, dan dipertahankan bahkan oleh dokter dari Alexandria) yang mengandung pembuluh darah udara - memakainya ke seluruh bagian tubuh dari jantung dan paru-paru. Keyakinan ini didasarkan awalnya pada arteri hewan yang mati, yang tampaknya kosong.

Galen adalah mampu menunjukkan bahwa arteri berisi darah kehidupan. Kesalahannya, yang akan menjadi ortodoksi medis didirikan selama berabad-abad, adalah dengan mengasumsikan bahwa darah datang dan pergi dalam gerakan jantung dan aliran. Teori ini berlaku dalam komunitas medis sampai saat Harvey.


Ilmu tidur: 8 sampai abad ke-15

Selama berabad-abad sangat Kristen suasana Eropa abad pertengahan yang berlaku tidak kondusif untuk penyelidikan ilmiah. Tuhan tahu yang terbaik, dan karena itu harus - karena ia menciptakan segala sesuatu. Dimana pengetahuan yang diperlukan, ada otoritas kuno dengan kesimpulan diterima tanpa pertanyaan - dalam astronomi Ptolemeus, Galen mengenai hal-hal anatomi.

Beberapa sarjana menunjukkan minat yang tidak biasa dalam penelitian ilmiah. Abad ke-13 biarawan Fransiskan Roger Bacon adalah contoh yang paling sering dikutip, tetapi studi termasuk alkimia dan astrologi, serta optik dan astronomi. Keragu-raguan praktis yang dibutuhkan untuk ilmu pengetahuan, tidak sampai Renaissance.
 
Anatomi gambar Leonardo da Vinci: AD 1489-1515

Pada sekitar 1489 Leonardo da Vinci memulai serangkaian gambar anatomi. Untuk akurasi yang lebih besar dari observasi, mereka jauh lebih maju dari apa yang sebelumnya dicoba. Selama dua puluh lima tahun berikutnya, ia membedah tiga puluh tubuh manusia, banyak dari mereka ke kamar mayat di Roma - sampai tahun 1515 Paus Leo X, memerintahkannya untuk berhenti.

Gambar-Nya, yaitu sekitar 750, termasuk studi pada struktur tulang, otot, organ dalam, otak dan bahkan posisi janin dalam rahim. Studinya menunjukkan bahwa jantung itu akan menemukan konsep sirkulasi darah.


Vesalius dan ilmu anatomi: AD 1533-1543

Seorang mahasiswa kedokteran, lahir di Brussels dan dikenal sejarah sebagai Vesalius, mengikuti kuliah tentang anatomi di Universitas Paris. Dosen menjelaskan anatomi manusia, seperti diungkapkan oleh Galen 1000 tahun sebelumnya, sedangkan poin asisten data yang sesuai dengan mayat dibedah. Seringkali Wizard tidak dapat menemukan tubuh yang dijelaskan, tetapi selalu mayat bukan Galen diperlukan untuk menjadi salah.

Vesalius memutuskan ia akan membedah mayat dirinya sendiri dan untuk mempercayai bukti apa yang ditemukan. Pendekatannya sangat kontroversial. Tapi kemampuan jelas nya menyebabkan pengangkatannya pada tahun 1537 sebagai profesor bedah dan anatomi di Universitas Padua.


Pada 1540, Vesalius memberikan demonstrasi publik dari ketidak-tepatan teori anatomi Galen, yang masih dalam profesi medis ortodoks.

Galen membuat banyak eksperimen pada kera besar. Vesalius sekarang di layar - untuk perbandingan - kerangka seorang pria dan monyet.


Vesalius mampu menunjukkan bahwa dalam banyak kasus pengamatan Galen memang benar monyet, tapi tak ada hubungannya dengan manusia. Jelas apa yang dibutuhkan adalah rekening baru dari anatomi manusia.

Vesalius dirinya tugas untuk menyediakan, diilustrasikan dengan serangkaian pembedahan dan gambar. Memiliki dengan pembuangan, metode yang relatif baru di Eropa, untuk memastikan pembagian yang jelas bentuk gambar dicetak - seni ukiran kayu. Studinya meresmikan ilmu pengetahuan modern anatomi.


Di Basel, Swiss, pada tahun 1543 Vesalius menerbitkan karya besarnya - De Humani Fabrica Corporis (Struktur tubuh manusia). Ada tujuh jilid, termasuk ilustrasi indah terukir pada kayu. Buku ini adalah sebuah kesuksesan, meskipun secara alami itu memancing kemarahan kaum tradisionalis yang mengikuti Galen. Teori Galen adalah, setelah semua, manfaat yang jelas dari senioritas. Mereka sekarang beberapa 1400 tahun.

Tetapi bagi mereka yang ingin melihat dengan mata jernih, pelat dalam volume Vesalius adalah wahyu. Untuk pertama kalinya manusia dapat memindai di kulit mereka sendiri, dalam gambar sangat jelas tentang apa yang tersembunyi.


Harvey dan sirkulasi darah: AD 1628

Ada buku yang diterbitkan pada 1628 yang menyediakan salah satu terobosan terbesar dalam memahami tubuh manusia - mungkin yang terbesar hingga ditemukannya struktur DNA pada abad ke-20.

Buku ini hanya terdiri dari lima puluh dua halaman, juga berpendapat. Nya teks dalam bahasa Latin. Judulnya adalah Exercitatio anatomica motu Cordis dan animalibus sanguinis ("Fungsi anatomi Gerakan Jantung dan Darah Binatang"). Penulisnya adalah William Harvey. Dalam buku ini ia menunjukkan tanpa keraguan, konsep yang sama sekali baru. Darah, hal itu menunjukkan, tidak berasal dalam tubuh dari segala jenis pasang surut acak. Sebaliknya ia terus dipompa sekitar sirkuit sangat akurat.


Sejauh ini telah diasumsikan bahwa darah di arteri dan darah di pembuluh darah adalah alam yang berbeda. Hal ini juga diketahui bahwa mereka adalah warna yang berbeda, dan ada banyak teori untuk apa setiap pengiriman darah.

Kepercayaan yang paling umum adalah bahwa darah arteri membawa jenis energi terhubung ke udara untuk tubuh (tidak jauh dari kebenaran), dan darah di pembuluh darah mendistribusikan makanan dari hati (kurang akurat ).


Dengan serangkaian panjang pembedahan (anjing dan babi ke siput dan kerang), dan dengan proses penalaran logis, Harvey mampu membuktikan bahwa tubuh berisi suplai darah tunggal, dan bahwa jantung adalah otot memompa sekitar sirkuit nya.

Sirkuit ini, karena dapat menunjukkan, membawa darah dari pembuluh darah ke dalam ventrikel kanan jantung, ia mengirim dari sana melalui paru-paru ke bilik kiri jantung, dan kemudian mendistribusikannya melalui arteri untuk kembali berbagai wilayah tubuh.


Setelah oposisi awal banyak, argumen Harvey akhirnya meyakinkan kebanyakan orang sezamannya. Tapi ada dua bahan yang hilang. Teorinya menunjukkan bahwa harus ada jaringan pembuluh darah kecil yang membawa darah dari sistem arteri dan sistem vena dan menyelesaikan sirkuit. Tetapi pembedahan itu tidak cukup untuk menunjukkan hal ini. Hal ini tidak sampai empat tahun setelah kematiannya bahwa Marcello Malpighi diamati kapiler.

Dan Harvey tidak dapat menjelaskan mengapa jantung harus memompa darah. Penjelasan ini harus menunggu penemuan oksigen.


Malpighi dan mikroskop: AD 1661

Marcello Malpighi, profesor kedokteran teoretis di Universitas Bologna, adalah seorang pelopor dalam penggunaan mikroskop dalam biologi.

Suatu malam tahun 1661, di sebuah bukit dekat Bologna, menggunakan matahari sebagai sumber cahaya, bersinar dalam tujuannya melalui bagian tipis yang dibuat dari paru-paru dari kodok. Pada gambar yang lebih luas, jelas bahwa darah seluruhnya terkandung dalam tabung kecil.

Malpighi demikian menjadi ilmuwan pertama yang mengamati kapiler, pembuluh darah kecil di mana darah mengalir melalui daging. Mereka begitu halus dan begitu banyak sehingga setiap dari tubuh kita berisi lebih dari 100.000 kilometer dari saluran mikroskopis.

Dengan penemuan mereka, rantai yang hilang di Harvey pada sirkulasi darah itu ditemukan. Untuk kapiler secara harfiah link melalui mana darah yang kaya oksigen dari arteri memberikan pertama energi untuk sel tubuh, kemudian menemukan jalan kembali ke dalam vena untuk dikembalikan ke jantung.


Leeuwenhoek dan mikroskop: AD 1674-1683

Merintis bekerja dengan Malpighi mikroskop juga diambil oleh ilmuwan Belanda Anton van Leeuwenhoek. Dirinya mengajar gelas polishing pada tingkat yang sangat presisi yang tinggi dan kejelasan (beberapa dari mereka memberikan perbesaran 300x), menggunakan mikroskop sederhana dengan satu lensa - sebenarnya kaca pembesar kecil dan sangat kuat.

Dengan instrumen tersebut, ia mampu mengamati fenomena sebelumnya terlalu kecil untuk dilihat. Pada 1674, ia adalah ilmuwan pertama memberi deskripsi akurat tentang sel darah merah. Pada 1677, ia mengamati dan menggambarkan sperma dalam air mani anjing. Pada 1683, ia memberikan gambar dari animalcules (atau bakteri) terlihat pada air liur dan plak gigi.

Temuan-Nya, yang diterbitkan sebagian besar dalam Transaksi filosofis dari Royal Society of London (meskipun ia sendiri tinggal di Delft), sangat menyarankan kegembiraan menjadi yang pertama untuk berjalan-jalan dengan seperti visi yang luas di antara hal-hal kecil dari pemerintahan hewan.

Account-nya dari chip umum berikut perkembangannya dari telur untuk menyempurnakan praktek anatomi dewasa. Penelitiannya menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa makhluk hidup menit memiliki siklus hidup dan sistem generatif seperti makhluk yang lebih besar.


Anatomi mikroskopik: 17 - abad ke-20

Penemuan Malphighi kapiler, anatomi tubuh utama diketahui. Dengan studi menyeluruh tentang aspek Leeuwenhoek sebelumnya tak terlihat dari materi hidup, subjek bergerak ke tahap yang lebih misterius - dari anatomi mikroskopis.

Langkah-langkah pertama dari jalan baru yang besar terjadi pada 1830-an.
 
Felix Dujardin pada 1835 mengidentifikasi substansi sebagai tembus kental umum bagi semua bentuk kehidupan, diberikan oleh protoplasma nama. Sementara orang lain mengamati bahwa benda hidup diatur dalam bentuk diulang struktural. Robert Brown menemukan di pabrik, pada tahun 1831, inti utama dari setiap sel. Pada tahun 1839, Matthias Schleiden dan Theodor Swann memberikan account pertama dari pembentukan sel koheren bahwa proses pembangunan semua kehidupan (tema panjang ditebak oleh orang lain, tetapi tidak dipecahkan atau menunjukkan).

Namun lebih lanjut sepanjang perjalanan ini, jauh ke dalam pusat materi hidup, adalah penemuan pada tahun 1953 struktur DNA.
0 Komentar untuk "Sejarah Anatomi"
Gimana Menurut Anda apakah Sudah Sesuai....?
Tanggapan.....:
Back To Top